بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ
SELAMAT DATANG DI RUMAH ALLAH, DAN JANGAN LUPA !!! ISTIGFAR SETIAP HARI

Minggu, 26 November 2017

RIA - UJUB

بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

RIA ATAU UJUB

Sifat Ujub, Sombong dan Bangga diri adalah satu penyakit hati yang sulit di obati.,

UJUB ialah memandang mulia kepada diri sendiri dan memandang remeh Kpd orang lain., Tanda Ujub yg nampak pada lisan ialah perkataan berkata: Siapa saya, Apa kamu tidak tahu saya dan siapa kamu.,Ucapan ini seperti perkataan Iblis yg di ceritakan dalam Al-Qur'an
Aku lebih baik daripadanya (Adam). Karena engkau menjadikan aku dari api, sedangkan Engkau menciptakan (Adam) dari tanah.


Imam Al Ghazali menjelaskan :
Jika engkau melihat anak kecil, maka gerakkan hatimu, anak anak ini belum pernah berbuat maksiat pada Allah, sedangkan saya sering melakukan maksiat.,
Jika kita melihat orang yang lebih dewasa, orang tua, maka berkatalah dalam hati bahwa orang itu telah banyak ibadah sebelum saya, tentu saja dia lebih baik dari saya.
Jika kita melihat orang kafir pun jangan lalu kita vonis dia ahli neraka, siapa tahu dia masuk Islam dan husnul khatimah.,



Begitu juga kita tidak tahu orang yang awalnya muslim lalu dia berubah kafir dan suul khatimah.
Dengan demikian sifat ujub ini harus sirna dalam diri kita, agar kita tidak menjadi manusia sombong dan bangga diri yang akhirnya terlena dan enggan mau bertaubat.
.
Semoga bermanfaat dan ada hikmahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar